Sabtu, 13 Desember 2008

Kebijakan Perkembangan Pembangunan Perumahan Terhadap Perubahan Struktur Permukiman

Abstrak
Perkembangan bentuk dan pola permukiman merupakan cermin dari kedinamisan masyarakat yang ada pada permukiman tersebut. Pada dasarnya perkembangan permukiman dapat diperhatikan dari dua arah, yaitu perkembangan secara kualitas dan secara kuantitas. Hubungan keduanya dalam skala makro merupakan hubungan yang kompleks, maka perkembangan suatu wilayah tidak dapat dilihat secara terpisah dari lingkungannya.
Akibat perkembangan pembangunan perumahan yang dilakukan oleh para developer pada suatu wilayah memberikan pengaruh terhadap struktur permukiman yang ada sebelumnya.. Perubahan ini juga berlaku bagi perumahan formal yang dibangun oleh pihak developer maupun perumahan informal yang berupa kampung-kampung lama. Keduanya dalam perkembangannya terpengaruh oleh kebijakan pembangunan kota. 
Pada perumahan Pondok Tjandra Indah dan desa Tambak Sumur kecamatan Waru Sidoarjo yang secara kewilayahan berada bersebelahan dengan kota Surabaya. Perkembangan di kota Surabaya memberikan pengaruh baik fisik maupun non fisik bagi arah perkembangan struktur permukiman dan prasarana di wilayah tersebut.

Kata Kunci: Perkembangan, Perubahan, Struktur Permukiman



Tidak ada komentar:

Next Page

Old Identity

Old Identity
Semacam keterangan identitas diri jaman dulu

Belanda Kuno Santai

Belanda Kuno Santai
Foto kuno saat tetirah